Senin, 09 Januari 2012

Dampak Urbanisasi Terhadap Ruang Perkotaan

Urbanisasi,sebagai proses yang dialami oleh suatu kawasan untuk lebih “mengkota” terus dialami oleh daerah-daerah di Indonesia dan hal ini terus mengalami peningkatan. Perkembangan urbanisasi di Indonesia dapat diamati dari 3 (tiga) aspek : pertama, jumlah penduduk yang tinggal di kawasan perkotaan (kini mencapai 120 juta dari total 230 juta jiwa); kedua, sebaran penduduk yang tidak merata (hampir 70% di Pulau Jawa dengan 125 juta jiwa dan di Pulau Sumatera dengan 45 juta jiwa); serta, ketiga, laju migrasi penduduk desa ke kota yang tinggi, dimana kota-kota metropolitan, seperti : Jakarta (termasuk Bekasi, Bogor dan Tangerang), Surabaya, Bandung, Medan, Palembang, dan Makassar, merupakan magnet utamanya. Selain itu terjadi peningkatan jumlah kota di Indonesia periode tahun 1970-2010. Pada awal tahun 1970, hanya terdapat 45 kota otonom saja, namun pada tahun 2010 telah berkembang menjadi 98 kota otonom. Artinya dalam 40 tahun terakhir, jumlah kota telah meningkat 2 (dua) kali lipat. Khususnya dalam 10 tahun terakhir (2000 – 2010), telah lahir 25 kota otonom baru sebagai hasil pemekaran wilayah dengan maksud untuk meningkatkan pelayanan publik.

Pada masa yang akan datang, diperkirakan fenomena urbanisasi ini akan terus meningkat, baik karena pertumbuhan penduduk kota itu sendiri, migrasi penduduk desa ke kota, maupun karena pemekaran wilayah. Hal ini tentu berdampak pada perubahan ruang perkotaan itu sendiri baik secara fisik maupun sosial yang berlangsung cepat dan tidak mudah untuk dikelola. Sementara itu secara bersamaan tumbuhnya suatu kawasan menjadi lebih modern berdampak pada menurunnya kualitas lingkungan yang berdampak pada menurunnya kualitas kehidupan di perkotaan. Kemacetan yang semakin akut, banjir tiap tahun yang bahkan semakin parah, penyediaan air tidak layak minum, polusi air dan udara, serta peningkatan kawasan kumuh perkotaan menjadi hal yang lumrah terjadi di kota-kota di Indonesia. Dua sisi pembangunan perkotaan yang saling bertolak belakang ini disebut oleh para ahli sebagai “the urban paradox”.

Dengan kondisi seperti yang telah disebutkan di atas, yang akan menjadi korban pertama adalah penduduk miskin perkotaan. Penduduk miskin menjadi kelompok sosial yang sangat rentan terhadap berbagai bencana perkotaan, antara lain : banjir, kebakaran dan penyebaran wabah penyakit. Selain itu semakin sulitnya akses yang didapat masyarakat miskin tersebut untuk pelayanan dasar perkotaan seperti fasilitas permukiman, penduduk miskin tersebut mendiami hunian kumuh yang sangat padat (slums dan squatters) di ruang-ruang sempit perkotaan yang sama sekali tidak layak huni. Dan hal ini semakin memperjelas bentuk-bentuk kesenjangan yang terjadi di kawasan perkotaan.

Sementara itu proses urbanisasi ini terus-menerus terjadi tanpa bisa dicegah karena di sisi lain kota merupakan katalis pertumbuhan ekonomi yang utama. Kota dipandang dapat meningkatkan taraf hidup sehingga urbanisasi menjadi pilihan rasional manusia untuk mencapai kesejahteraan. Pada taraf ini kita lupa bahwa kualitas hidup tidak melulu dapat dicapai dengan peningkatan ekonomi. Akan tetapi juga kualitas lingkungan dan sosio-kultur yang baik.

Sebenarnya pentingnya mengintegrasikan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan sudah lama disadari, hal ini ditandai dengan munculnya konsep kota berkelanjutan (Sustainable city) yang memadukan ketiga aspek tersebut untuk mencapai keseimbangan sehingga tercipta kenyamanan untuk hidup di kawasan perkotaan bagi penghuninya. Dalam kota berkelanjutan, yang menjadi indikator utama bukan hanya kualitas lingkungan. Ada 3 indikator utama pada konsep kota berkelanjutan yaitu faktor dampak pembangunan kota terhadap lingkungan (khususnya dalam penggunaan sumberdaya dan tingkat polusi yang dihasilkan), kualitas hidup penghuni kota, dan bagaimana kota tersebut mempersiapkan kotanya untuk masa depan yang berkelanjutan.

Diharapkan, untuk selanjutnya peningkatan urbanisasi juga diimbangi dengan terealisasinya konsep kota berkelanjutan ini agar tercipta kota yang nyaman dihuni tidak hanya pada saat ini akan tetapi juga untuk generasi mendatang.





Daftar pustaka :
Ernawi, Imam. S, Morfologi – Transformasi dalam Ruang Perkotaan yang Berkelanjutan, Paparan yang disampaikan dalam Seminar dengan tema “Morfologi – Transformasi dalam Ruang Perkotaan yang Berkelanjutan”, diselenggarakan oleh Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro (UNDIP),Semarang, 20 November 2010.
 
 
 
 
 
 

12 komentar:

  1. artikelnya bagus, yang mau saya tanyakan disini solusi apakah yang tepat untuk mengatasi urbanisasi di Indonesia, mengingat program KB yang selama ini dijalankan kurang begitu berdampak besar terhadap laju pertumbuhan penduduk??

    BalasHapus
  2. artikel yg anda buat sgt menarik dan mudh di pahami....lanjutkn sisssttt....

    BalasHapus
  3. menurut anda bagaimana solusi yg anda bisa berikan untuk mengatasi atau mungkin mengurangi dampak negatif urbanisasi ini ? dan bagaimana sikap pemerintah dalam menyikapi hal ini? apa sudah ada sikap tegas oleh pemerintah dalam mengatasi dampak urbanisasi terhadap ruang perkotaan ini?

    BalasHapus
  4. Artikel ini mengingatkan kita pada keadaan umum beberrapa kota di Indonesia. Kata orang, wajar apabila di negara berkembang terjadi hal seperti ini. Namun apakah masih dianggap wajar ketika ledakan penduduk yang kemudian menyebabkan hilangnya fungsi kota tersebut benar-benar kelewat batas?
    Solusi konkrit mungkin agak sulit diterapkan, namun harus ada pengendalian sebelum kota tersebut mengalami disfungsi kekotaannya dan berakibat lanjut pada urban sprawl.

    BalasHapus
  5. setuju dengan ratiza bentuk pengendalian harus ada..namun beda perlakuan antara pengendalian tat ruangnya sendiri dan pengendalian ledakan penduduk..

    BalasHapus
  6. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    BalasHapus
  7. INGIN CEPAT JADI JUTAWAN YUK MARI GABUNG SEKARANG JUGA

    KharismaPokerMenjadiSitusBandarQOnlineTerprcayaIndonesia

    Promo yang diberikan :

    Minimal DP dan WD Rp. 20.000.
    Support bank lokal : BCA, BNI, BRI, MANDIRI, dan DANAMON.
    Bisa dimainkan di iPhone, Android, PC / Laptop.
    Online 24 jam setiap hari meskipun hari libur nasional.
    Memiliki link alternatif : KharismaPoker.net.
    CS nya banyak , jadi pelayanannya cepat.
    Bonus REFERRAL 20% setiap minggunya.
    Bonus CASHBACK 0,5% setiap minggunya.
    Contact resmi kharismaPoker :

    Telp :+85588278896
    BBM;dc7cdd80

    BalasHapus
  8. Yuk Gabung Sekarang Juga ke Jagodomino,com Situs Judi Terpercaya Nomor 1 Seasia. Minimal Deposit Hanya Rp.15.000. Jangan Menunda Kesempatan Ini Lagi Jika Anda Ingin Menjadi Seorang Jutawan...!!

    Dalam Satu User ID Anda Bisa Memainkan 7 Games Yang Berbeda . Dapatkan Juga Bonus Menariknya. Turnover 0,3 % & REfferral 20%. Online 24 Jam Non Stop.

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    BalasHapus
  9. Untuk yang lagi galau, yang lagi bosan tidak tahu mau ngapain,
    tenang,,sekarang ada yang akan menghibur kalian sekaligus
    mengisi hari-hari kalian dengan games" online yang pastinya tidak akan
    mengecewakan kalian deh...

    yuk ikutan gabung bersama Pesonasaya.com
    Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,3 - 0.5% / Hari
    Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup

    * Minimal deposit hanya Rp 20.000
    * Minimal tarik dana Rp 20.000
    * Dilayani oleh CS profesional dan ramah
    * 24 jam online
    * Proses Depo & WD super cepat
    * No ROBOT MURNI PLAYER VS PLAYER
    * kamu berkesempatan menangkan Jackpot setiap harinya.

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24 Online Setiap hari melalui :
    * PIN BBM : 7A996166
    * WA : +85511817618

    Salam Sukses Pesonaqq.com

    BalasHapus

  10. Sering di kecewakan oleh website lain? Coba di JAGODOMINO disini kami berkomitmen untuk menjaga kenyamanan dan kepuasan bagi setiap member kami... Prinsip kami Member nomor 1 oleh karena itu CS kami yang berpengalaman siap membantu Anda 24/7... Di JAGODOMINO kami juga memberikan BONUS - BONUS MENARIK......

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    BalasHapus
  11. Jangan takut untuk MENCOBA tapi takutlah saat rezeki sudah hilang dari kita..Temukan segala macam kenyamanan, kemudahan dan keamanan chip anda bersama kami situs poker online terpercaya Jagodomino, Coba keberuntungan kamu bermain di Jagodomino, minimal deposit / withdraw Rp 15.000 , Bisa Memainkannya via Android / Iphone / Ipad.

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    BalasHapus